Wisata Jogja: Ekowisata Taman Sungai Mudal

ekowisata taman sungai mudal Jogjakarta

Kolam di Taman Sungai Mudal

Lokasi Ekowisata Taman Sungai Mudal berada di perbukitan Menoreh di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Berada di atas ketinggian, lokasi wisata ini memiliki hawa yang sejuk dan air yang dingin, sehingga sangat ideal untuk menghilangkan penat karena rutinitas sehari-hari.

Ekowisata Taman Sungai Mudal menawarkan alternatif wisata petualangan berupa renang, menikmati air terjun, susur sungai, camping, taman batu, menikmati taman dengan tumbuhan langka seperti pakis dan pisang semar, dan permainan flying fox yang lumayan meningkatkan adrenalin. Menurut pengelola, pada waktu yang akan datang akan ditambahkan wahana river tubing untuk memperkaya petualangan wisata di lokasi tersebut.

ekowisata taman air terjun sungai mudal

Salah satu flora yang ada di Taman Sungai Mudal

Air yang keluar dari mata air sungai Mudal tidak pernah berhenti, sehingga masyarakat sekitar memafaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk mengairi sawah. Pada awalnya masyarakat sekitar hanya berusaha untuk menjaga mata air tetap bersih, namun salah satu tokoh masyarakat mempunyai inisiatif untuk menjadikan mata air tersebut sebagai salah satu tempat wisata di Jogjakarta. Hal tersebut didukung oleh masyarakat dan juga PLN yang menjadi pembina dalam pengembangan obyek wisata air terjun dan mata air sungai Mudal.

Di atas sungai Mudal terdapat tebing batu putih menyerupai kelir/layar dalam pertunjukan wayang kulit. Hal ini makin menambah kesan bahwa lokasi wisata ini Jogja banget.

Jangan khawatir, untuk masuk ke lokasi ini cuma butuh duit Rp. 5000, tambah ongkos parkir Rp. 2000 untuk sepeda motor, dan Rp.3000 untuk mobil, murah banget kaaan.

air terjun sungai mudal kulonprogo

Air Terjun Sungai Mudal

Untuk bisa mencapai lokasi, kalian harus melalui jalan menanjak khas daerah pegunungan. Dari arah Jogjakarta ada 2 alternatif rute yang bisa ditempuh. Yang pertama melalui Kecamatan Pengasih, di dekat Wates. Yang kedua melalui Jalan Godean – Nanggulan. Pada rute kedua, dari perempatan Nanggulan, bagi para pemberani bisa ambil jalan lurus (ke barat). Rute ini akan melalui jalan menanjak yang lumayan terjal. Nah.. buat yang agak phobia dengan tanjakan terjal, bisa ambil jalan ke kiri melalui jalur Nanggulan – Kenteng Sentolo. Sekitar 800 meter dari perempatan ke arah selatan tepatnya di pertigaan Janti, ambil belokan ke kanan. Jalur ini adalah rute menuju goa Kiskendo. Dari Goa Kiskendo masih naik, dan ikuti tanda/sign penunjuk jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *